Saturday, May 19, 2012

APA ITU INTERNET?

1. SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan Hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (TransmissionControl Protocol /Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Kejadian penting lainnya

Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

2. PENGERTIAN INTERNET

Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasidata yang berupa suara, gambar, video dan juga teks.


3. KOMPONEN BROWSER

- Title Bar
Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela internet explorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela internet explorer. Pada bagian sebelah kanan berisi kontrol untuk jendela internet explorer yang terdiri dari tombol minimize, restore, dan close.

- Menu Bar
Istilah menu sudah tidak asing lagi yaitu daftar berbagai fungsi atau fasilitas yang disediakan. Di dalam jendela intenet explorer, daftar menu ditempatkan pada menu bar. Masing-masing menu memiliki fungsi yang berbeda seperti File, Edit, View, Favoriets, Tools, dan Help.

- Address Bar
Address Bar atau baris alamat adalah kotak teks yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan alamat website yang ingin Anda kunjungi di jendela internet explorer. Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya berupa panah arah ke bawah yang apabila di-klik akan menampilkan beberapa alamat website yang pernah Anda kunjungi.

- Status Bar
Status bar terdapat pada bagian bawah jendela internet explorer yang menampilkan proses yang sedang terjadi pada saat browser memasuki sebuah halaman web.

- Task Pane
Task pane adalah jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila Anda meng-klik tombol Search, Favorites dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung dari tombol yang Anda klik.


4. PEMANFAATAN INTERNET

a. Meningkatkan pengetahuan
b. Berbagi sumber informasi diantara rekan sejawat/sedepartemen
c. Berkomunikasi keseluruh belahan dunia
d. Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secara langsung
e. Mengatur komunikasi secara teratur
f. Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional .
g. Informesi media dan metodologi pembelajaran
h. Akses informasi
i. Bahan Pustaka/referensi
j. Meningkatkan pengetahuan
k. Belajar berinteraktif
l. Informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, pelatihan

- Ada juga pemanfaatan internet untuk menunjang bisnis, yaitu:

E-Commerce
Electronic commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.
Ada banyak bentuk perdagangan secara elektonik yang dilakukan saat ini, antara lain : internet banking, pembelian dan penyedian barang, toko online dan sebagainya. Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahan maupun kepada pelanggan (customer).
- Keuntungan yang diperoleh perusahan sebagai berikut.

perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.

perusahan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.

mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.

harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku.

barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahan.





- Keuntungkan yang diperoleh konsumen sebagai berikut.

Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke internet dan memesan barang, barang akan di antar ke rumah.

Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.

Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet .

Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang man di dalam negeri mungkin saja tersedia.

Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.

2. Internet Banking



Internet banking sering kali juga dikenal dengan sebutan electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, dan online banking. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.

Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank karena nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dari mana saja (asal tersedia internet). Bagi pihak bank, internet banking memungkinkan untuk mengurangi biaya operasinal. Internet banking akan mengurangi nasabah yang datang ke bank, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Kedua hal tersebut menyebabkan bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekan saldo, pemindahan buku, pembayaran tagihan-tagihan, informasi rekening, transaksi-transaksi, dan sebagainya.

Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan ang dilakukan dengan cara biasa: melalui teller bank atau automatic teller machine/ATM. Salah satu bank di dunia yang merupakan pionir dari internet banking adalah security first network bank (SFNB–www.sfnb.com). Di Indonesai, bank-bank yang telah menyediakan jasa internet banking relatif masih kurang.

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan layanan internet banking. Pihak yang menyediakan layanan internet banking harus menjamin keamanan data nasabah. Dalam hal ini, bank harus menyediakan teknologi keamanan data yang sesuai standar sehingga data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Dapat Anda bayangkan, jika seseorang menyusuf ke komputer bank melalui internet dan mencuri data nasabah. Orang tersebut kemudian dapat mentransfer dana nasabah ke rekeningnya sendiri. Tentu hal ini akan sangat merugikan nasabah yang kehilangan uangnya.

Selain tanggungjawab bank Anda sebagai nasabah bank yang menggunakan layanan internet banking juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan data-data Anda. Misalnya saja, Anda harus menjaga user id dan password Anda agar tidak di ketahui oleh orang lain karena jika user id dan password Anda diketahui orang lain, maka hal tersebut dapat merugikan diri Anda sendiri berupa hilangnya uang Anda.

3. Belajar Jarak Jauh

Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan sebelum internet ada. Beberapa universitas luar negeri mempunyai program belajar jarak jauh. Di Indonesia juga terdapat universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh, seperti Universitas Terbuka. Dahulu belajar jarak jauh dilakukan dengan cara belajar mandiri. Pihak penyelenggara belajar jarak jauh mengirim bahan-bahan pelajaran berupa buku-buku, kaset, dan video kepada para siswa/mahasiswa untuk dipelajari.

Untuk mengukur tingkat kemampuan siswa/mahasiswa, diberikan latihan dan ujian yang harus dikerjakan. Latihan atau ujian tersebut harus dikerjakan dan dikirim kembali oleh para siswa/mahasiswa. Dalam belajar, seseorang membutuhkan interaksi atau komunikasi langsung dengan guru, interaksi atau komunikasi dengan sumber belajar dan interaksi atau komunikasi dengan sesama siswa/mahasiswa.

Internet merupakan alat komunikasi yang murah yang memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one-to-many communication). Hal ini memungkinkan terjadi diskusi dua orang dan antar banyak orang. Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Komunikasi audiovisual dapat terjadi dan memungkinkan komunikasi verbal dan nonverbal terjadi secar langsung. Kemampuan internet memungkinkan dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh. Pemanfaatan Internet tersebut akan membuat proses belajar jarak juah menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh lebih baik.

Ada beberapa faktor yang terlibat dan harus aktif agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh secara efektif.
a. Institusi penyelenggara/sekolah/universitas
b. Pengajar/guru/dosen
c. Siswa/mahasiswa

5. APLIKASI INTERNET

a. World Wide Web (WWW) atau website
Web atau situs adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar dan suara yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi umum dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Mark-up Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis, suara, dan objek multimedia lainnya.

b. E-mail (Electronic Mail)
E-mail adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Untuk dapat menggunakan fasilitas e-mail, terlebih dahulu harus memiliki akun dengan cara mendaftar untuk mendapatkan alamat e-mail di salah satu penyedia jasa e-mail. Beberapa situs penyedia jasa e-mail antara lain : www.yahoo.com, www.plasa.com, www.hotmail.com, dan lain-lain.

c. Telnet
Merupakan suatu program untuk login ke komputer lain di internet sehingga dapat mengakses database online, katalog perpustakaan dan layanan chatting. Telnet ini merupakan suatu program untuk login ke komputer lain di internet sehingga dapat mengakses database online, katalog perpustakaan, layanan chatting, dan masih banyak lagi.

d. Gopher
Merupakan bagian internet yang memungkinkan pemakai mengakses informasi di komputer lain.

f. FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah fasilitas internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (download) di suatu server yang terhubung ke internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga bisa diakses oleh orang lain.

g. Ping
Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.

h. Newsgroup
Newsgroup merupakan ruang percakapan bagi para anggota yang memiliki kepentingan yang sama.

i. Mailing list
Mailing list ini juga disebut grup diskusi, yaitu suatu wadah yang mengumpulkan e-mail dalam komunitas tertentu. Mailing List salah satu keuntungan yang bisa diambil dari internet adalah kesempatan untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan e-mail. Internet merupakan tempat yang sangat luas bagi komunikasi diskusi dengan topik tertentu yang didistribusikan melalui e-mail. Mailing list ini juga disebut grup diskusi, yaitu suatu wadah yang mengumpulkan e-mail dalam komunitas tertentu.

i. Search Engine (Mesin Pencari)
Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokan dengan database (basisdata) miliknya. Fasilitas search engine yang digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com), altavista (www.altavista.com), dan lain-lain

j. Usernet News
Adalah sistem diskusi dimana jutaan komputer saling bertukar informasi dalam banyak topik. Perbedaan utama antara usernet news dan mailing list adalah bahwa usernet message disimpan di komputer pusat (server) dan harus terhubung ke komputer tersebut untuk membaca atau men-download . Pesan dikirim ke mailbox tiap-tiap anggota.

k. Chatting
Chatting merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi langsung melalui tulisan menggunakan program aplikasi. Program yang banyak digunakan misalnya Yahoo Messenger. Melalui program chat, pengguna internet dapat berkomunikasi secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.


5. PERANGKAT KERAS INTERNET

1. Modem
Modem merupakan alat yang menghubungkan komputer Anda dengan saluran telepon dan internet. Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. Bagaimana peoses pengiriman data tersebut ? Ketika komputer Anda mengirim data digital ke internet, modem akan mengubah sinyal digital tersebut menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Ketika data ada pada penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh komputer.



Dengan demikian modem membuat komputer dapat berkomunikasi melalui kabel telepon. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits persecond (bps)/bit perdetik.

Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran: modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer dengan mengunakan kabel. Silakan periksa modem komputer yang ada di sekolahmu atau komputer yang ada di rumahmu. Apa keuntungan kedua jenis modem tersebut? Keuntungan modem internal harganya lebih murah, namun memiliki kelemahan antara lain pemasangannya yang lebih sulit, dan pengguna-annya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain (harus membuka casing CPU). Ke-untungan modem eksternal pemasangannya lebih mudah, dan dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain dengan mudah (tanpa membuka casing CPU), namun harganya relatif lebih mahal.

2. Line Telepon
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet kareana jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Dengan demikian Anda dapat terhubung ke internet apabila Anda memiliki komputer, modem, line telepon dan mendaftar pada sebuah perusahan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider atau ISP) serta menginstalasi perangkat lunak yang diperlukan. Bagaimana mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak di komputer Anda agar dapat dihubungkan ke internet? Berikut ini Anda akan pelajari bagaimana membangun koneksi internet .

3. Perangkat Komputer Pribadi (Personal Komputer)
4. Router
5. Repeater

6. SISTEM JARINGAN INTERNET

a. Local Area Network ( LAN )
Jaringan jenis LAN biasanya digunakan untuk area atau wilayah yang kecil misalnya jaringan pada sebuah bangunan, sekolah, unit lembaga atau kampus.
Fungsi LAN sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu seperti di dalam ruang yang yang seringkali dihubungkan dengan minikomputer.

Namun begitu, jarang sekali LAN meliputi kawasan yang lebih dari satu gedung. Komputer-komputer ini dapat dihubungkan dengan pelbagai cara seperti kabel pasangan, serat optik, kabel telepon, dan cahaya inframerah, serta isyarat radio.
Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer dikenal dengan topologi. Setiap topologi perlu melaksanakan kerjasama yang biasa ditemui dalam jaringan yaitu pesan dari satu komputer ke komputer yang lain atau petunjuk supaya menjalankan tugas yang tersimpan di dalam jaringan. Data atau tugas yang diminta oleh pemesan mungkin disimpan pada komputer yang digunakan oleh seorang rekan kerja dalam jaringan atau pada layanan file yang disebut komputer server.

Sebuah server adalah komputer khusus yang dapat melayani kebutuhan komputer lain dalam lingkup tersebut. Pelayan file biasanya merupakan komputer berkapasitas tinggi dan mempunyai perangkat keras yang tidak digunakan oleh individu pada jaringan itu. Pelayan file mempunyai tempat untuk semua data dari sistem jaringan. Selain itu, pelayan file hanya untuk melayan semua komputer yang berada di dalam sistem jaringan. Komputer-komputer yang disambung dengan pelayan file dikenali sebagai stasiun kerja (workstations). Stasiun kerja tidak semestinya memiliki otoritas seperti pelayan komputer, namun komputer-komputer dapat mempunyai data tambahan pada perangkat keras masing-masing.

Setiap komputer yang menggunakan pelayan file dari server dikenal sebagai pelanggan (client). Perangkat cetak dapat juga disambung dengan jaringan supaya dapat digunakan oleh semua pelanggan LAN. Untuk menggunakannya, jaringan haruslah menerima pesanan dari komputer individu atau node yang dihubungkan pada jaringan dan mempunyai cara untuk mengendalikan pesanan yang datang secara serentak. Komputer yang mendapat pelayanan jaringan, harus mempunyai cara untuk menghantar pesan dari satu komputer ke komputer lain supaya pesan hanya menuju node yang diperlukan dan tidak muncul di komputer yang lain. Sistem jaringan melakukan semua proses secepat mungkin sambil memberi pelayanan yang seadil mungkin mengikut giliran di antara node lain di dalam LAN.

b. Metropolitan Area Network ( MAN )
Melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan MAN. Satu contoh penggunaan MAN adalah di Pasco County yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Jaringan MAN di sini dikenal sebagai ‘the MIND Network’ yang mana jaringan tersebut berfungsi menghubungkan semua pusat media Pasco dengan komputer utama (centralized mainframe) yang terletak di daerah dengan menggunakan telephon kabel koaksial, atau alat komunikasi tanpa kabel (wireless communications providers). Sebagai contoh dalam bidang perdagangan, satu komputer pribadi menghantar data kepada satu minikomputer atau komputer utama (server ).

Ini hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat bersaing atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti membuka dan mengambil data dari sebuah komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna. Upload file berarti pengguna membuka file data dan menghantarkannya ke sebuah komputer yang lain.

c. Wide Area Network (WAN)
Jaringan kawasan luas (wide area network/WAN) menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi. Jaringan WAN hampir serupa dengan LAN atau MAN. Jaringan kawasan luas (wide area network/WAN) menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi, contoh menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia. Jaringan WAN berupaya menghubungkan sekolah-sekolah di Florida dengan tempat-tempat lain di dunia sebagai contoh Tokyo hanya dalam waktu beberapa menit saja, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon.

Namun demikian, jaringan WAN ini lebih rumit dan kompleks. Ia memerlukan pelbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet. Pada dasarnya, jaringan WAN hampir serupa dengan LAN atau MAN. Jaringan kawasan luas yang menggabungkan dua atau lebih jaringan kawasan setempat dan biasanya melibatkan suatu kawasan geografi yang luas. Con-tohnya, satu lembaga yang mempunyai ibu kota di suatu tempat, kilang di suatu tempat yang lain dan gabungan pe-masaran di suatu kawasan yang agak jauh dari kedua kawasan tersebut.

7. DIAL UP

Dial Up adalah cara menghubungkan komputer Anda ke internet menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial up. Siapkan kabel telepon, modem, dan ISP Anda dapat mengakses internet dengan cara dial up. Kecepatan akses internet menggunakan dial up dapat mencapai 56 kilo byte persecon (kbps). Dengan dukungan teknologi kompresi data kecepatan akses internet dengan dial up dapat mencapai 4-5 kali dari biasanya. Teknologi tersebut dikenal dengan teknologi Power Surf Dial Up, dan beberapa ISP dilengkapi dengan teknologi tersebut.

8. CARA PENGGUNAAN INTERNET

Bagaimana Cara Menggunakan Internet ?
Cara Ber-Internet
- Memulai koneksi ke internet
Setelah mengatur koneksi ke Internet, Anda dapat memulai menghubungkan komputer Anda ke internet. Langkah-langkah untuk melakukannya sebagai berikut.

Carilah shortcut TelkomNet Instant di desktop. Klik dua kali shortcut tersebut. Kotak dialog connect TelkomNet akan ditampilkan.

Klik tombol dial. Kotak dialog proses koneksi akan ditampilkan.

Kadang-kadang proses koneksi gagal. Hal ini disebabkan karena jalur telepon yang sibuk dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, kliklah tombol redial.

Bila proses koneksi berhasil, maka akan dilakukan proses verifikasi username dan password. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

Bila proses verifikasi username dan password berhasil, maka akan dilakukan registrasi komputer Anda di internet. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

Bila proses registrasi selesai, maka kotak dialog connectingTelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet di taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses komputer Anda ke internet .

Selanjutnya Anda dapat menggunakan internet.



Bagaimana Mengakhiri ber- Internet
Mengakhiri koneksi ke internet

Klik ikon TelkomNet di taskbar. Kotak dialog akan ditampilkan.

Pada kotak dialog Anda dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses.

Klik tombol disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol cancel untuk kembali bekerja dengan internet .



9. KOMPONEN KECEPATAN TRANSFER DATA DI INTERNET
1. Bandwidth
Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer. Bandwidth dapat di analogi kan sebagai sebuah jalan yang dilewati kendaraan secara bersamaan. Bagaimana apabila kendaraan yang lewat sema banyak? Tentu gerakannya menjadi lebih lambat. Coba pikirkan bagaimana agar kendaraan yang padat, dapat bergerak cepat? Tentu caranya antara lain memperlebar jalan. Anda perlu mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk mengetahui kemampuan ISP mentransfer data.

2. Server Proxy
Untuk mempermudah pelayanan, maka alamat pelanggan harus tersimpan dengan baik. Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses web site-web site favoritnya dengan lebih cepat. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan servertersebut menyimpan halaman-halaman webyang sering dikunjungi. Sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu dengan server web site tersebut, tetapi cukup terhubung langsung dengan server proxy ISP. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

3. Backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Membuat sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.

4. Keamanan Data
Data yang dipindahkan tentu harus aman dari gangguan baik berupa kelengkapan data maupun kualitas data. Untuk itu sistem jaringan perlu menyediakan pengamanan data. Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk keamanan transaksi online atau tidak.

5. Layanan yang Diberikan
Anda juga perlu mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail, berapa besar account e-mail yang disediakan, apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter, dan berbagai layanan yang lain.

6. Biaya
Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP, dan pilihkan ISP yang hemat biaya.

7. Hardware
Anda juga perlu mengetahui berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, berapa kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan tiap modem. Hal tersebut perlu Anda ketahui karena akan mempengaruhi layanan yang akan Anda dapatkan dari ISP tersebut.

8. Teknologi yang digunakan
Anda juga perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Saat ini, teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Anda perlu tahu apakah sebuah ISP didukung oleh teknologi semacam ini.


10. ISTILAH-ISTILAH PADA INTERNET
- Intranet
Intranet adalah jaringan yang relatif lebih kecil yang biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di dalam organisasi tersebut.

- Browser
Seperti dipaparkan di atas, browser atau web browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet, seperti internet explorer dan nascape navigator.

- HTML
HTML, kepanjangan dari Hyper Text Mark-up Language yaitu berupa kode-kode atau instruksi yang digunakan untuk membuat halaman web. Dengan demikian, setiap halaman pada website terdiri atas sebuah file HTML (.htm). Untuk menampilkan file HTML Anda membutuhkan sebuah browser .

- Server
Komputer server atau sering disebut server adalah komputer induk yang memberi layanan kepada komputer lain yang disebut komputer client. Server berupaya untuk memberi atau memenuhi kebutuhan computer client. Dengan demikian tugas sebuah server tentu sangat banyak sehingga komputer server harus mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dibanding komputer client. Bagaimana fungsi server dalam sistem internet? Di internet, komputer server berfungsi sebagai penyedia berbagai dokumen web yang dapat digunakan atau diakses oleh komputer client.

- Client
Komputer client atau sering disebut client adalah komputer yang tergabung dalam sistem jaringan yang dapat dilayani oleh server. Komputer client tentu memiliki kemampuan yang lebih rendah dibanding dengan komputer server. Bagaimana komputer yang Anda gunakan untuk mengakses internet apakah server atau client? Pada saat Anda mengakses internet, komputer Anda dapat disebut sebagai komputer client karena komputer Anda menerima layanan dari komputer server milik website yang Anda kunjungi.

- Bandwidth
Istilah bandwidth sering Anda dengar dalam dunia gelombang atau radio. Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu. Satuan data dinyatakan dengan byte dan biasanya dengan ukuran kiloByte (KB) atau megabyte (MB). Dengan demikian satuan bandwidth adalah megabyte per second (MBps) atau kilobyte per second (KBps). Contoh, suatu transfer data diketahui 100 KBps artinya kecepatan transfer data sebesar 100 kilobyte setiap detiknya.

- Search Engine
Ditinjau dari pengertian setiap kata, search adalah pencarian, dan engine adalah mesin, jadi search engine merupakan mesin pencari. Dalam konteks ini search adalah sebuah program aplikasi di website tertentu yang Anda gunakan untuk mencari imformasi yang ada di internet. Search engine secara lebih lengkap akan dibahas secara khusus pada materi selanjutnya.

- URL (Uniform Resource Locator)
Sebuah lokasi dapat Anda akses apabila Anda mengetahui alamat lokasi tersebut. Demikian halnya apabila Anda ingin memasuki sebuah situs maka Anda harus mengetahui alamat website tersebut. Penentuan suatu alamat tentunya tidak sembarangan namun mengikuti suatu cara tertntu. Bagaimana alamat website ditentukan? Untuk memberi nama alamat website digunakan suatu sistem yang dinamakan URL. Dengan demikian, alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.

- Website
Website merupakan lapisan-lapisan dari halaman web yang saling memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut dengan situs, situs web, site atau portal.

- Homepage
Homepage adalah halamam web utama (induk) yang terdapat pada sebuah Website . Homepage biasanya berisi keterangan pembuka seperti ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website dan beberapa lirik bagian penting lain dari tersebut. Homepage sering juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah “rumah” dalam bentuk halaman web.

- Web Page
Web Page merupakan istilah untuk menyatakan halaman yang dirujuk (diacu) sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm.)

- Hypertext link (Hyperlink )
Link merupakan penyambung sebuah teks, gambar atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file lain. Link di halaman web mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teks garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau Anda lakukan dapat mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, (biasanya berupa simbol telapak tangan) teks tersebut merupakan link .

- ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika Anda ingin komputer Anda terhubung ke internet, Anda harus menghubungkan komputer Anda ke sebuah ISP.

- Program Dial-up
Program dial-up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP).

- Offline
Offline merupakan kondisi di mana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan terputus.

- Online
Online merupakan kondisi di mana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan tersambung.

- Login
Login adalah proses memasuki suatu sistem (aplikasi) seperti e-mail. Login yaitu saat Anda memasukkan user_ id dan password pada saat ingin membuka kotak surat e-mail Anda . Beberapa halaman web di Internet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukkan user_id dan password.

- Logout
Logout adalah kebalikan dari login yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas logout dilakukan dengan menekan tombol atau teks link logout yang biasanya terdapat dihalaman web. Logout diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.

- Protocol
Protocol adalah aturan-aturan yang ada yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya di internet ada protocol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, protocol untuk mengirimkan e-mail dan sebagainya.

- HTTP (Hyper Text Transfer Protokol)
HTTP adalah protocol yang digunakan untuk bertukar informasi di internet komputer Anda dapat menerima file -file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protocol http.

- POP (post office protocol)
Pop adalah protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang di simpan di server di internet atau sebuah ISP.

- Download
Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang Anda gunakan (komputer client) disebut download.

- Upload
Upload adalah proses penempatan file dari komputer Anda ke sebuah komputer server di internet. Upload merupakan kebalikan dari proses download.

- Freeware
Freewatre adalah program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis sehingga setiap orang diperbolehkan men-download program tersebut.

- Shareware
Shareware adalah program komputer di internet yang dapat Anda download Anda gunakan dalam jangka waktu tertentu. Program komputer jenis ini biasanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu jika Anda ingin menggunakannya terus, Anda harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftaran.

- GIF (Graphical Interchange Format)
Suatu format file gambar gif mempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang ditempatkan di internet

- JPEG (Joint Photographic Experts Group)
JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan di Internet. File JPEG mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyak dibanding dengan GIF. Biasanya, JPEG digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak seperti foto-foto, sedangkan GIF digunakan untuk menampilkan gambar dengan warna yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik dan sebagainya.

- SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti e-mail yang tidakpenting, e-mail berantai,iklan dan sebagainya.

^TERIMA KASIH^ 


No comments:

Post a Comment